Menu Tutup

Bentuk-bentuk Berita Pada Media Cetak

bentuk bentuk berita

Pada surat kabar atau media cetak, seringkali kita melihat berbagai macam bentuk berita yang disajikan, bentuk bentuk berita seperti straight news, tajuk, kolom dan yang lainnya . Termasuk pada jurusan ilmu komunikasi, salah satu materi yang sering dibahas adalah berita. Apakah kalian sudah mengetahui apa saja bentuk bentuk berita yang ada di media cetak? Dalam ulasan ini, kita sedikit mencoba memberikan informasi mengenai bentuk-bentuk berita yang ada di surat kabar.

Bentuk-bentuk Berita Pada Media Cetak

Berita adalah sesuatu yang dilaporkan tentang peristiwa yang bersifat aktual, faktual, tidak biasa, menarik, dan penting bagi massa, diproses secara jurnalistik, disiarkan melalui media massa seperti surat kabar, radio, televisi juga media online. Mengenai bentuk beritanya sebagai berikut :

[Kumpulan Materi Ilmu Komunikasi]

a. Straight news

Hampir semua isi berita di surat kabar berupa berita straight news. Bentuk berita ini merupakan berita pada umumnya yang kita baca di surat kabar atau media cetak. Penulisan berita menggunakan bahasa yang jelas, padat, singkat serta sesuai kejadian. Penulisan berita menggunakan kaidah piramida terbalik, sehingga penulis atau editor bisa dengan mudah memotong bagian yang tidak penting atau bagian yang menyita tempat. Oleh karenanya, pembaca juga lebih cepat mengetahui isi berita hanya dengan membaca leadnya saja, tanpa harus membaca keseluruhan berita.

b. Tajuk Rencana

Pada halaman tertentu, surat kabar akan memuat tajuk rencana atau editorial. Biasanya editorial dimuat satu halaman dengan opini dan kolom redaksi. Editorial berisi pendapat media tentang suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan. Tajuk rencana merupakan tulisan artikel yang mengemukakan garis kebijaksanaan dari surat kabar atau majalah, mengenai suatu peristiwa yang penting dan aktual, terutama yang banyak menjadi perhatian pembaca.Tajuk rencana tergolong ke dalam bentuk opini. Isinya bukanlah pendapat perseorangan yang ada di jajaran redaksi, namun diasumsikan sebagai perwakilan sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi lembaga penerbitan pers. Dalam tulisan ini juga pembaca bisa melihat karakter dan kepribadian pers yang bersangkutan.

c. Features

Jenis berita yang lebih menekankan hiburan. Tulisan non fiksi, dengan karakter human interes yang tidak terikat 5W 1H dilaporkan lebih mendalam dan tajam.

d. Karikatur

Karikatur adalah gambar wajah yang dibuat bermakna mengkisahkan problematika dalam masyarakat. Karikatur sengaja dibuat untuk menimbulkan kelucuan bagi pembaca, dengan maksud kritikan sosial dan politik

e. Kolom

Kolom adalah tulisan tentang suatu pembahasan satu pokok masalah dan diasuh oleh satu orang atau lebih. Kolom juga berarti, rubrik yang terisi laporan suatu masalah aktual.

[Kumpulan Materi Ilmu Komunikasi]

f. Pojok

Pojok adalah karikatur tertulis, berupa kritikan atau sindiran mengenai suatu hal yang aktual di masyarakat. Menggunakan bahasa singkat, pendek, langsung ke pokok masalah yang berisi kritikan, bahkan tak sedikit pojok menjadi hiburan bagi pembaca. Pojok juga salah satu bagian fungsi kontrol sosial dalam surat kabar yang terletak di sudut atau di sebelah pojok halaman koran atau majalah.

g. Artikel

Artikel adalah salah satu tulisan lepas bagian dari opini. artikel diisi dengan permasalahan aktual dan kontroversial yang bertujuan untuk memberitahu, mempengaruhi, meyakinkan, atau menghibur khalayak pembaca.

Pada website ini telah banyak informasi atau artikel mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik, semoga bisa menjadi bahan referensi untuk memudahkan mendapatkan data yang diinginkan.

[Kumpulan Materi Ilmu Komunikasi]

Tinggalkan Balasan