Menu Tutup

Efek Media Massa menurut Robert dan McQuail

efek media massa

Pada matakuliah ilmu komunikasi, pastinya akan mempelajari tentang media massa. Mulai dari Pengertian media massa, perkembangan media massa, tujuan serta efek media massa. Efek dari media massa mempengaruhi berbagai macam aspek dalam kehidupan sekarang. Berikut materi tentantang efek dari media massa yang telah dirangkum sehingga mudah dipahami.

Efek Media Massa Menurut Donald K Robert

Media massa mempunyai efek yang sangat besar. Menurut Donald K. Robert dalam Rakhmat (2004:217) ada yang beranggapan bahwa efek media massa hanyalah perubahan prilaku manusia setelah diterpa pesan media massa.

Karena fokusnya pesan, maka efek haruslah berkaitan dengan pesan yang disampaikan oleh media massa. Efek media massa meliputi aspek-aspek sebagai berikut:

[Kumpulan Materi Ilmu Komunikasi]

1. Efek Kognitif

Efek kognitif terjadi bila ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami, atau dipersepsi. Efek ini berkaitan dengan transmisi pengetahuan, keterampilan, kepercayaan atau informasi. Wilbur Schramm mendefinisikan informasi sebagai segala sesuatu yang mengurangi ketidakpastian atau mengurangi jumlah kemungkinan alternatif dalam situasi.

2. Efek Afektif

Efek afektif timbul bila ada perubahan pada apa yang dirasakan, disenangi atau tidak disukai oleh khalayak. Tujuan komunikator tidak hanya sekedar agar komunikan mengetahui, tetapi tergerak hatinya sehingga menimbulkan perasaan tertentu. Efek ini berhubungan dengan emosi, sikap atau nilai.

3. Efek Behavioral

Efek behavioral berkaitan dengan perilaku nyata yang diamati dan meliputi pola-pola tindakan, kegiatan atau kebiasaan berperilaku.

Efek Media Massa Menurut McQuail

Adapun McQuail dalam Bungin (2008:317) menjelaskan bahwa efek  media massa memiliki tipologi yang mana terdiri dari empat bagian yang besar, yaitu:

  1. Efek media merupakan efek yang direncanakan, sebagai sebuah efek yang diharapkan terjadi terjadi baik oleh media massa untuk kepentingan berbagai penyebaran informasi.
  2. Efek media massa yang tidak direncanakan atau tidak dapat diperkirakan, sebagai efek yang benar-benar di luar kontrol media, di luar kemampuan media ataupun orang lain yang menggunakan media untuk mengontrol terjadinya efek media massa. Efek media terjadi dalam kondisi tidak dapat diperkirakan dan efek media terjadi dalam kondisi tidak terkontrol.
  3. Efek dari media massa terjadi dalam waktu pendek namun secara cepat, instan, dan keras mempengaruhi seseorang atau masyarakat.
  4. Efek media massanya berlangsung dalam waktu yang lama sehingga mempengaruhi sikap-sikap adopsi inovasi, kontrol sosial sampai dengan perubahan kelembagaan, dan persoalan-persoalan perubahan budaya.

Secara keseluruhan, media massa sangat berperan penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Jika kita melihat sejarah bangsa Indonesia, media massa berperan penting  untuk memberitahukan kabar kepada masyarakat dimasa tersebut. Bahkan diera modern ini, media massa masih tetap menjadi sosok yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga media massa tidak bisa kita hindari atau anggap sebelah mata. Media massa bisa berdampak positif dan juga negative, tergantung bagaimana caranya kita menyikapi hal tersebut.

[Kumpulan Materi Ilmu Komunikasi]

Tinggalkan Balasan