Menu Tutup

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli Ilmu Komunikasi

pengertian Public Relation
pengertian Public Relation
Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli

Jurusan Ilmu komunikasi mempelajari banyak hal, mulai dari jurnalistik, komunikasi lintas budaya, komunikasi politik, komunikasi inter personal, komunikasi antar pribadi, new media, media massa, humas atau lebih dikenal dengan sebutan public relation, fotografi dan masih banyak lagi ilmu yang bisa kita dapatkan saat menempuh pendidikan di jurusan ilmu komunikasi.

Public Relation merupakan salah satu minat yang bisa di ambil di jurusan komunikasi. Secara umum pengertian public relation adalah proses komunikasi dua arah yang memiliki suatu tujuan untuk mencapai opini publik sesuai yang diinginkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Public relation terkadang sering diibaratkan seperti sebuah jembatan penghubung. Baca Juga : Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Cek Faktanya Disini!

Untuk memudahkan pengunjung, telah kami sediakan File Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli PDF Secara Gratis -Visit Link PDF-

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Menurut Coulsin-Thomas (2002), Public relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi.

Menurut (British) Institute of Public Relations (IPR) dalam Frank Jefkins, Public relation adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak. Baca Juga : Peran Humas Pemerintahan dan Perusahaan Dalam Mengatasi Konflik Internal, Problem Solving

Menurut Frank Jefkins, Public Relation adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

Pengertian Public Relations

Menurut Edward L. Bernays, Public Relation adalah usaha yang bertujuan untuk memberi informasi pada masyarakat, membujuk masyarakat untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat serta usaha untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu badan dengan sikap perbuatan masyarakat dan sebaliknya. Baca Juga : Teori Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli Ilmu Komunikasi

Menurut Maria (2002), Pengertian public relation adalah suatu Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan.

Dari pengertian yang sudah di uraikan,di perkuat dengan pendapat dari Alma yang menjelaskan bahwa “public relation adalah kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap perusahaan” (2002, p.145). Sementara itu menurut Marston menjelaskan “public relation adalah suatu perencanaan dengan menggunakan komunikasi persuasif untuk mempengaruhi persepsi masyarakat” (1999, p.1).

Untuk memudahkan pengunjung, telah kami sediakan File Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli PDF Secara Gratis -Visit Link PDF-

Scholz (1999,p.2) mengatakan bahwa “public relation adalah suatu perencanaan yang mendorong untuk mempengaruhi persepsi masyarakat melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial berdasarkan suatu komunikasi timbal balik untuk mencapai keuntungan pada kedua belah pihak”. Baca Juga : Bingung Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Apa Saja? Ini Jawabannya

Pengertian Public Relation dirangkum menjadi dua kategori secara umum dan khusus

a. Pengertian Public Relation Secara Umum

Public relation adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya.

Menurut Widjaja (2001) Crystallizing Public Opinion menyebutkan bahwa public relation adalah profesi yang mengurusi hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya yang menentukan hidup perusahaan itu. Menurut pandangan penulis sendiri public relation adalah seseorang yang menjadi jembatan penghubung bagi sebuah perusahan atau organisasi dalam mengenalkan timnya sehingga mendapatkan pandangan yang baik dari lawan bicaranya atau target yang dituju

b. Pengertian Public Relation Secara Khusus

Menurut Maria (2002) Public relation adalah fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik, menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani minat publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi tren, dan menggunakan penelitian dan teknik suara yang layak dalam komunikasi sebagai alat utama. Baca Juga : Struktur Organisasi Radio dan Tugasnya dalam Perusahaan Penyiaran di Indonesia

Dalam buku dasar-dasar public relation (Wilcox dan Cameron,2006,p.5) juga mengatakan bahwa “public relations is a management function, of a continuing and planned character, through which public and private organizations and institutions seek to win and retain the understanding, sympathy, and support of those with whom there are or maybe concerned by evaluating public opinion about themselves, in order to correlate, as far as possible their own policies and procedures, to achieve by planned and widespread information more productive corporation and more efficient fulfillment of their common interests”.

Yang kurang lebih memiliki arti public relations merupakan fungsi dari sebuah manajemen dalam sikap yang dilakukan dan sudah memiliki rencana dan dijalankan secara berkesinambungan dan terus memenerus oleh organisasi, perusahaan atau lembaga umum dan swasta untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang mempunyai hubungan atau kaitan, melaluii opini publik mengenai organisasi atau lembaga tersebut, dengan tujuan mendapatkan hasil yang baik dari kerjasama yang lebih produktif lagi.

Untuk memudahkan pengunjung, telah kami sediakan File Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli PDF Secara Gratis -Visit Link PDF-

Tinggalkan Balasan