Menu Tutup

Strategi Pemasaran Program Televisi

Pemasaran program televisi

Strategi Pemasaran Program Televisi – Media televisi menjadi salah satu yang digemari masyarakat. Banyak masyarakat terhibur dengan berbagai macam program yang dipublikasikan media televisi. Sebelumnya kita telah membahas mengenai Strategi Menarik Pelanggan Baru dengan 3 Tahapan Analisis Pasar selanjutnya kita mencoba untuk mengulas tentang strategi pemasaran program TV untuk menambah referensi tentang penyiaran televisi. Artikel ini bisa digunakan untuk melengkapi tugas ataupun karya ilmiah untuk para mahasiswa dan umum mengenai strategi pemasaran program TV.

Strategi Pemasaran Program TV

Pemasaran (marketing) memegang peranan sangat penting dalam mendorong kemajuan media penyiaran, bahkan berperan sangat menentukan dalam kelangsungan hidup media penyiaran komersial. Sukses atau gagalnya devisi pemasaran dalam menjalankan fungsinya akan menentukan apakah suatu stasiun penyiaran akan tetap mengudara atau tenggelam (Morissan, 2011 :413). Pemasaran waktu siaran (airtime) merupakan sumber pendapatan utama bagi media penyiaran. Departemen pemasaran bertanggung jawab menjual waktu siaran kepada para pemasang iklan dengan meyakinkan calon pemasang iklan bahwa uang yang dikeluarkan untuk memasang iklan tidak percuma dan memberikan hasil yang diharapkan.


Bagian Pemasaran Program Televisi


Strategi pemasaran program TV, pada dasarnya sama dengan strategi komunikasi pemasaran pada umumnya. Dimana pemasaran program televisi terdiri dari:


a. Produk program (product), bahwa program adalah suatu produk yang ditawarkan kepada audien yang mencakup nama program dan kemasan program.


b. Harga program (price), yaitu harga suatu program yang mencakup biaya produksi program dan biaya yang akan dikenakan kepada pemasang iklan (tarif iklan) pada program bersangkutan jika ditayangkan.


c. Distribusi program (place), yaitu distribusi program yang merupakan proses pengiriman program dari transmisi hingga diterima audien melalui pesawat TV dan radio.


d. Promosi program (promotion), yaitu proses bagaimana memberitahu audien mengenai adanya suatu program sehingga mereka tertarik untuk menonton atau mendengarkannya.

Faktor dalam merencanakan Iklan pada Televisi

Prinsip yang perlu diikuti dalam pemasaran adalah mengenali pasar dan mengenali usaha atau bisnis yang dilakukan oleh pemasang iklan dan bagian pemasaran harus proaktif mendekati calon klien. Setelah mengenali klien, kemudian lakukan persiapan untuk meyakinkan klien untuk memberi slot iklan. Terdapat beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam merencanakan iklan televisi agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan keinginan pemasang iklan yakni, waktu penayangan iklan, medium yang digunakan, penempatan iklan, rating acara, dan lain-lain.

3 Poin dalam Negosiasi antara Stasiun TV dengan Pemasang Iklan

Pemasaran program televisi
Materi Strategi Pemasaran Program Televisi

Iklan dapat ditayangkan setelah melalui berbagai bentuk negosiasi antara stasiun penyiaran dengan pemasang iklan. Ada tiga hal penting yang disepakati dalam negosiasi:


1) Partisipasi pemasang iklan

Ada tiga bentuk partisipasi pemasang iklan, yaitu:

a) Sponsor Tunggal, pemasang iklan membayar keseluruhan program siaran.
b) Sponsor Bersama, beberapa pemasang iklan secara patungan menjadi sponsor siaran dengan membagi waktu iklan menjadi beberapa bagian.
c) Iklan Partisipasi, sejumlah pemasang iklan menayangkan iklannya pada suatu program siaran.

2) Pengaturan waktu penayangan

a) Waktu tetap, iklan harus ditayangkan pada waktu yang ditetapkan dan tidak dapat dipindahkan.
b) Waktu tertentu, waktu penayangan iklan yang ditentukan oleh stasiun bukan pemasang iklan.
c) Preembtility, penawaran iklan dengan harga murah, namun dengan syarat iklan itu akan diganti dengan iklan lain yang bersedia membayar lebih mahal.

3) Penentuan biaya iklan

Menentukan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan siaran tidak sederhana. Karena, waktu siaran hanya berharga bagi pemasang iklan, jika tersedia audien yang cukup pada waktu siaran. Ada empat faktor yang mempengaruhi harga waktu siaran iklan yaitu:

a) Ukuran atau jumlah audien
b) Ukuran pasar, seberapa banyak audien yang terdapat pada suatu wilayah siaran
c) Fasilitas stasiun, terkait dengan frekuensi, daya, lokasi antena pemancar, dan faktor teknis lainnya
d) Afiliasi jaringan (seberapa besar suatu stasiun berjaringan dengan stasiun lainnya)

Materi tentang Media Massa

Berikut beberapa materi tentang media massa yang bisa menjadi bahan referensi pengunjung website

Daftar Pustaka

Morissan, Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi, Jakarta: Kencana, 2011

Tinggalkan Balasan