Menu Tutup

Struktur Organisasi Radio dan Tugasnya dalam Perusahaan Penyiaran di Indonesia

Struktur Organisasi Radio
Struktur Organisasi Radio
Ilustrasi Foto tempat siaran radio

Siapa yang sering mendengarkan radio? Warga Indonesia sampai saat ini masih sering mendengarkan radio. Bisa dimobil, rumah, ataupun kantor. Apalagi di era internet sekarang, kita bisa streaming radio dimanapun berada. Namun apakah kalian tahu struktur organisasi radio dan tugasnya? Seperti tugas direktur, music director, penyiar ataupun operator penyiaran radio. Baca Juga : 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa!

Struktur Organisasi Radio dan Tugasnya dalam Perusahaan Penyiaran di Indonesia

Untuk memudahkan pengunjung, kami telah menyediakan file PDF Struktur Organisasi Radio dan Tugasnya -Visit Link File PDF-

Pada Perusahaan Penyiaran di Indonesia pasti memiliki struktur organisasi. Struktur organisasi radio tersebut untuk memudahkan pencapaian visi dari perusahaan. Ada banyak sekali posisi dalam perusahaan radio serta memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Dalam hal tersebut, penjelasan mengenai struktur organisasi perusahaan radio beserta tugasnya dijelaskan pada uraian sebagai berikut. Baca Juga : Pengertian Hard News dan Contohnya dalam Dasar-dasar Ilmu Jurnalistik

Pengertian Radio

Radio adalah teknologi yang digunakan sebagai salah satu media untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang tersebut melintas dan merambat lewat udara serta bisa juga merambat melalui ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Radio siaran adalah salah satu dari sekian banyaknya  bentuk komunikasi massa. Melalui  radio siaran suatu komunikasi yang akan disampaikan oleh komunikator kepada kahalayak banyak dapat berlangsung dalam waktu yang singkat dan  komunikan akan menerima komunikasi secara bersamaan walaupun di tempat yang berbeda dan terpencar.

Perkembangan Radio di Indonesia

Perkembangan radio di Indonesia dapat dilihat dari berbagai jenis radio diantaranya yaitu berdasarkan frekuensi ada jenis radio amplitude modulasi (AM), Frekuensi modulasi (FM), kemudian berdasarkan gelombang yaitu ada jenis radio gelombang panjang, gelombang pendek, dan gelombang medium. Lalu berdasarkan penyelenggara ada jenis radio negara, radio public, dan radio swasta, radio komunitas dan radio asing. Dan yang terakhir yaitu radio berdasarkan perkembangannya yaitu radio internet, radio satelit, dan radio berdefinisi tinggi (HD).

Di Indonesia radio mempunyai peran yang sangat penting dalam peristiwa proklamasi dan juga menyebarkan informasi dan mengobarkan semangat untuk menyatukan rakyat Indonesia pada masa perjuangan. Dan kemudian radio semakin berkembang seiring perkembangan teknologi dan informasi. Radio di Indonesia sekarang sebagai media penyebaran informasi dan juga hiburan bagi masyarakat. Salah satu radio di Indonesia yaitu INB Radio yang ada di Bandung, yang memiliki format dengan gelombang FM (frequency modulation) dan juga menggunakan layanan radio streaming sehingga lebih mudah diakses dengan menggunakan internet.

Untuk memudahkan pengunjung, kami telah menyediakan file PDF Struktur Organisasi Radio dan Tugasnya -Visit Link File PDF-

Struktur Organisasi Perusahaan Radio dan Tugasnya

Contoh struktur organisasi perusahaan radio Jurnal Rival FM, Uraian tugas (job description) untuk setiap bagian yang ada dalam struktur organisasi perusahaan radio adalah sebagai berikut :

a. Direktur

Menentukan arah kebijakan perusahaan ,memantau jalannya penyelenggaraan perusahaan sesuai dengan praturan dan perundang–undangan yang berlaku dan melakukan evaluasi atas hasil yang diperoleh.

b. General Manager

Bertangggung jawab secara penuh kepada semua pelaksanaan program/acara radio siaran yang sudah disepakati dan disahkan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Secara langsung bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja bagian production manager dan program director agar melaksanakan kerja secara maksimal,   profesional,   tepat   waktu,   dan   sesuai   dengan Standard Operating Procedure (SOP). Membuat stategi kreatif program dan mengatur serta memberikan otoritas penuh kepada bagian-bagian tersebut agar menjalannkan operasioanal pekerjaan program on-air   dengan target menghasilkan tujuan sebagai radio dengan program acara yang paling banyak pendengarnya dibandingkan dengan radio lain. Memberikan masukan/usulan program yang harus dijalannkan kepada program director. Membagi tugas pekerjaan bagian-bagian tersebut, dengan membuat sistem kerja yang praktis, efisien dan terkontrol.

c. Marcomm Manager

Membuat program jangka panjang dan jangka pendek dalam hal pemasaran produk-produk radio, memelihara dan menjaga hubungan baik dengan klien, menjaga   company   image   dan   brand   image   srta   meberi kepuasan kepada klien.

d. General Affair Manager

Bertanggung  jawab  atas  aktivitas  koordinasi  dengan  driver, security, office boy, receptionist dan seluruh staf, merencanakan  pengurusan  Administrasi  Tata  Usaha Perusahaan, Kepagawaian, Keuangan, Perlengkapan Rumah Tangga.

e. Music Director

Bertanggung jawab pada semua jenis lagu yang diputar di Jurnal Rival Radio, memilih  lagu  yang  mewakili  kebutuhan  target  pendengar sesuai dengan format acara.

f. Public Relations

Humas atau Public Relations pada struktur organisasi radio bertugas menjaga  hubungan  haronis  dengan  klien  dan  stakeholder perusahaan. Menerima semua proposal yang masuk yang berkaitan dengan promosi radio Jurnal Rival baik on air maupun off air. Mengurus  segala  urusan  yang  berhubungan  dengan  promosi Jurnal Rival Radio. Baca Juga : Peran Humas Pemerintahan dan Perusahaan Dalam Mengatasi Konflik Internal, Problem Solving

h. Produser

Kerjasama dengan operator untuk mencatat nama pemenang kuis dengan lengkap. Rundown program harus dijalankan, misalnya harus memutar opening tunes atau closing tunes. Bertanggung jawab penuh pada acara sesuai dengan target yang diinginkan termasuk tepat waktu dalam penayangan iklan.

i. Traffic

Bertanggung jawab atas jadwal iklan di program acara. Membuat laporan iklan yang tayang. Mengatur jalannya iklan agar terkoordinasi antara program dan keinginan klien dalam pemasangan iklan.

f. Script writer

Membuat materi siaran sesuai dengan program acara.

h. Event / Off Air Branding

Merencanakan program promo suatu produk yang bekerja sama Jurnal Rival Radio. Membuat suatu event yang sifatnya komersil baik untuk Jurnal Rival Radio maupun untuk produk klien. Bertanggung jawab untuk program acara off air tiap minggunya.

i. Penyiar

Salah satu struktur organisasi radio yang sering kita kenal adalah penyiar. Penyiar bertugas menyiarkan iklan sesuai urutan pada log iklan. Tidak diperkenankan mengubah susunan apalagi      tidak memutarkannya. Adlips wajib dibacakan dengan kreatif masing-masing penyiar atau bisa dibantu oleh produser. Melaksanakan acara sesuai Pasal 44 Pedoan Perilaku Penyiaran (P3) dan melaksanakan semua perintah yang ada pada log siar dibantu oleh produser atau operator. Mendalami mengenai arti adlips yang dibaca dan bertindak seolah-olah mewakili produsen sebagai tenaga marketing.

j. Operator

Menerima teleponacara-acara request. Mengingatkan penyiar serta mengontrol untuk memutarkan slot iklan agar tidak melewati waktu yang sudah dijadwalkan serta kuis, insert, reportase dan lain-lain. Mencatat semua pesseta kuis dan pemenangnya. Melayani tamu dan fans yang datang di luar jam kantor dan melarang siapapun kecuali penyiar yang bertugas untuk berada di dalam ruangan. Baca Juga : Bingung Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Apa Saja? Ini Jawabannya

Untuk memudahkan pengunjung, kami telah menyediakan file PDF Struktur Organisasi Radio dan Tugasnya -Visit Link File PDF-

Radio yang merupakan salah satu media massa memiliki karakteristik cepat dalam menyampaikan suatu pesan, luas jangkauannya dalam arti tidak mengenal medan, tidak terikat waktu, ringan dan dapat dibawa kemanapun, murah serta tidak memerlukan banyak konsentrasi dari hal tersebut karena radio hanya untuk didengarkan. Radio masih menjadi salah satu hiburan dimasyarakat sehingga peminat radio akan selalu ada di Indonesia yang selalu mempunyai tempat di hati masyarakat pecinta radio.

Tinggalkan Balasan