Menu Tutup

Unsur dalam Komunikasi dan Penjelasannya

Unsur unsur Komunikasi

Unsur dalam Komunikasi dan Penjelasannya – Dalam ilmu komunikasi, ada yang disebut elemen unsur unsur komunikasi. Bagi mahasiswa ilmu komunikasi, itu merupakan materi dasar untuk lebih memahami kajian dari ilmu komunikasi. Berikut 7 unsur-unsur komunikasi dan penjelasannya untuk menjadi bahan referensi pembaca website kami.

7 Unsur-Unsur Komunikasi

Unsur unsur Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk mempengaruhi pengetahuan atau perilaku
seseorang. Dari pengertian komunikasi yang sederhana ini maka kita bisa mengatakan bahwa suatu proses komunikasi tidak akan bisa berlangsung tanpa didukung oleh unsur-unsur komunikasi.

Berikut dibawah ini adalah unsur mengenai komunikasi.

1) Sumber

Semua peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim komunikasi. Dalam komunikasi antar manusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi, lembaga-lembaga kenegaraan atau organisasi kepemudaan.

2) Pesan

Pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan hiburan, informasi, nasihat atau propaganda.

3) Media

Media yang dimaksud disini adalah alat yang digunakan utuk memindahkan pesan dari sumber kepeda penerima. Seperti indra manusia kemudian telephon, surat, telegram yang tergolong dalam sebagian komunikasi antar pribadi.

4) Penerima

Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri dari satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok, organisasi, partai atau negara. Penerima pesan bisa mencerna apa informasi yang telah diterimanya kemudian untuk bisa di implementasikan dalam keseharian.

5) Pengaruh

Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku
seseorang (De Fleur, 1982).

6) Tanggapan Balik (Feed Back)

Ada yang beranggapan bahwa umpan balik sebenarnya adalah salah satu bentuk daripada pengaruh yang berasal dari penerima. Akan tetapi sebenarnya umpan balik bsa juga berasal dari unsur lain seperti pesan dan
media.

7) Lingkungan

Lingkungan atau situasi adalah faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi antar manusia yang menimbulkan
efek yang baik, komunikasi berjalan efisien. Kemudian faktor ini dapat digolongkan atas empat macam, yakni lingkugan fisik, lingkungan sosial budaya, lingkungan spikologis, dan dimensi waktu. (Hafied Cangara, 2012:25)

Kumpulan Materi tentang Komunikasi

Berikut merupakan kumpulan materi ilmu komunikasi yang bisa kalian jadikan referensi :

11 Unsur-unsur Komunikasi Menurut Alo Liliweri

Alo Liliweri dalam bukunya yang berjudul Sosiologi dan komunikasi organisasi mengatakan bahwa unsur-unsur komunikasi mempunyai sebelas unsur, yaitu sebagai berikut:

1) Pengirim (Sander) atau sumber (resource) adalah individu, kelompok, atau organisasi yang berperan untuk mengalihkan (transferring) pesan.
2) Enconding merupakan pengalihan gagasan kedalam pesan.
3) Pesan (message) adalah gagasan yang dinyatakan oleh pengirim kepada orang lain.
4) Saluran (media) merupakan tempat sumber menyalurkan pesan kepada penerima, misalnya melalui gelombang suara, cahaya, halaman cetakan, dan lain-lain.
5) Decoding adalah pengalihan pesan kedalam gagasan.
6) Penerima (reseiver) merupakan individu atau kelompok yang menerima pesan.
7) Umpan balik (feed back) adalah reaksi terhadap pesan
8) Gangguan (noise) merupakan efek internal atau eksternal akibat dari peralihan pesan
9) Bidang pengalaman (field of experience) adalah bidang atau ruang yang menjadi latar belakang informasi dari pengirim maupun penerima.
10) Pertukaran makna (shared meaning) merupakan bidang atau ruang pertemuan (tumpang tindih) yang tercipta karena kebersamaan.
11) Konteks (context) adalah situasi, suasana atau lingkungan fisik, nonfisik (sosiologis, antropologis, psikologis, politik, ekonomi). (Alo Liliweri, 2014:363)

Dari unsur komunikasi tersebut merupakan suatu kesatuan yang utuh dan bulat, dalam arti apabila satu unsur tidak ada maka komunikasi tidak akan terjadi. Dengan demikian masing-masing unsur saling berhubungan dan ada saling ketergantungan. Jadi dengan demikian keberhasilan suatu komunikasi ditentukan oleh semua unsur tersebut.

Daftar Pustaka

Alo Liliweri. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hafied Cangara. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo

Butuh Jasa Cetak Foto dan Dekorasi lainnya, cek Online Shop Kami di @Rivalshop.indonesia

Tinggalkan Balasan