Menu Tutup

Fungsi Media Massa dan Pengertian Strategi Media

Fungsi Media Massa

Fungsi Media Massa dan Pengertian Strategi Media – Media massa memiliki fungsinya sendiri dalam kehidupan manusia modern ini. Selain itu juga dalam fungsi media massa ini, selain sebagai hiburan juga masuk dalam pengawasan yang ada dilingkungan masyarakat. Media juga memiliki strategi untuk mempermudah media massa menjangkau khalayak ramai. Untuk lebih memahami mengenai fungsi media massa dan mengenal strategi media, berikut ulasan singkat mengenai materi tentang media massa.

Fungsi Media Massa
Media massa

Fungsi Media Massa

Media massa dan perkembangannya bagi manusia telah melahirkan perdebatan panjang tentang makna dan dampak media massa pada perkembangan masyarakat. Dalam perkembangan teori komunikasi massa, konsep masyarakat massa mendapat relasi kuat dengan produk budaya massa yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana proses komunikasi dalam konteks masyarakat massa membentuk dan dibentuk oleh budaya massa yang ada.

Media massa berperan untuk membentuk keragaman budaya yang dihasilkan sebagai salah satu akibat pengaruh media terhadap sistem nilai dan tindakan manusia.

Fungsi Media Massa Menurut De Witt C. Reddick

Menurut De Witt C. Reddick, (1976) fungsi utama media massa adalah untuk mengkomunikasikan ke semua manusia lainnya mengenai perilaku, perasaan, dan pemikiran mereka, dan dalam mewujudkan hal itu, media massa tidak akan lepas dengan responsibilitas dari kebenaran informasi (Responsibility), kebebasan insan pers dalam penyajian berita (Freedom of the pers), kebebasan pers dari tekanan-tekanan pihak lainnya (Independence), kelayakan berita terkait dengan kebenaran dan keakuratannya (Sincerity, Truthfulness, Accuracy),aturan
main yang disepakati bersama (Fair Play), dan penuh pertimbangan (Decency).

Jadi intinya kebebasan pers sekarang ini dapat dilaksanakan dengan baik, jika kebebasan pers itu diimbangi dengan tanggung jawab dan kode etik sebagai landasan profesi, untuk menghindari ada pemberitaan yang menjurus anarkis.

Fungsi Media Massa dalam Kehidupan Masyarakat Umum

Dalam kehidupan masyarakat umum setidaknya media massa mempunyai beberapa fungsi pokok, yakni :

1. Fungsi pengawasan, adalah fungsi yang khusus menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja yang terjadi dilingkungan mereka. Media massa mengupdate pengetahuan dan pemahaman manusia tentang lingkungan sekitarnya.

2. Fungsi interpretasi, adalah fungsi yang menjadi saran memproses, menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia.

3. Fungsi transmisi nilai, adalah fungsi untuk menyebarkan nilai, ide dari generasi satu ke generasi yang lain.

4. Fungsi hiburan adalah fungsi untuk menghibur manusia. Manusia cenderung untuk melihat dan memahami peristiwa atau pengalaman manusia sebagai sebuah hiburan.

Dalam perkembangan selanjutnya, media massa mempunyai fungsi-fungsi baru, yaitu fungsi bentuk komunitas dan komunikasi virtual, seperti halnya kelompok internet di dunia maya. (William, 2003).

Kumpulan Materi Media Massa

Berikut artikel mengenai materi media massa yang bisa kalian temukan di website Catatan Jurnal Pendidikan kami

 

Pengertian Strategi Media

Didalam strategi media itu ada yang namanya perencanaan media. Perencanaan media merupakan proses penyusunan rencana penjadwalan yang menunjukkan bagaimana waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan dan pemasaran. Perencanaan media harus dikoordinasikan dengan strategi pemasaran dan aspek-aspek lain dari strategi periklanan. Di samping itu juga strategi media menentukan tujuan media, dasar perencanaan media; jangkauan presentase audiens sasaran yang diekspos sekurang-kurangnya satu kali dengan pesan pemasang iklan selama jangka waktu tertentu.

Beberapa factor yang menentukan jangkauan kampanye pemasangan iklan; banyaknya media yang digunakan, pembedaan bagian-bagian hari saat iklan ditayangkan.Tak hanya itu strategi media: menentukan tujuan media, frekuensi, jumlah waktu rata-rata, dalam periode empat minggu di mana para anggota audiens sasaran diekspos kepada sarana media yang termasuk dalam jadwal media tertentu, kemudian bobot; gross rating points merupakan indikator jumlah bobot kotor yang dapat disampaikan jadwal periklanana tertentu.

Secara aritmatika, gross rating points merupakan hasil dari jangkauan dikalikan dengan frekuensi. Gprs = jangkauan (j) x frekuensi (f). pada praktiknya, penentuan Gprs dilakukan dengan menjumlahkan peringkat yang diperoleh setiap sarana. Peringkat: bagian dari audiens sasaran yang diekspos kepada suatu kejadian di sarana periklanan dimana merek pemasang iklan diiklankan.

Effective rating points (erps) muncul sebagai evaluasi terhadap gprs. Erps menunjukkan efektivitas media, yang mengukur seberapa seringnya para anggota audiens sasaran mempunyai kesempatan untuk diekspos dengan pesan-pesan periklanan atas merek fokal.

Pada strategi media, kontinuitas: bagaimana iklan dialokasikan selama ditayangkannya suatu kampanye periklanan. Jadwal yang kontinu, jumlah uang yang sama di investasikan sepanjang kampanye, tetapi jumlahnya sangat bervariasi dari periode ke periode. Flighting pemasang iklan mengeluarkan biaya yang bervariasi selama kampanye dan tidak mengalokasikan biaya pada beberapa bulan. Tidak ada suatu strategi media yang mutlak akan berhasil dilakukan. Hal tersebut tergantung pada berbagai faktor.

Terdapat dua model periklanan: kuat
yaiu periklanan penting untuk mengajarkan konsumen mengenai merek dan mendorong pembelian, dan lemah yaitu iklan hanya untuk mengingatkan konsumen tentang merek-merek yang biasanya sudah terkenal. Dengan berbekal pengetahuan akan kekuatan merek, maka pemasar akan dapat menentukan model apa yang akan digunakan (Marwah, 1995:80-81).

Daftar Pustaka

William R. Rivers at.al.,.2003. Media Massa dan Masyarakat Modern: Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media

Marwah. 1995. Strategi Media Massa. Bandung: Nuansa

Tinggalkan Balasan